Mencari Tuhan

wij-title-600x400

Tetapi Simon dan kawan-kawannya menyusul Dia; waktu menemukan Dia mereka berkata: “Semua orang mencari Engkau.” (Markus 1:36-37 TB, penekanan oleh saya)

Liburan akhir pekan minggu lalu saya habiskan dengan pelayanan di Jogja. Rencana awalnya adalah berlibur tetapi Tuhan mempunyai rencana lain sehingga dalam anugrahNya saya diijinkan untuk membantu pekerjaan Tuhan yang sedang berlangsung di Jogja. Pelayanan kemarin memberi begitu banyak pengalaman menarik kepada saya secara pribadi. Sejujurnya saya merasa itu murni Tuhan yang bekerja, karena apa yang menurut saya biasa saja ternyata berubah menjadi hal yang luar biasa terutama untuk mereka yang dilayani. Terima kasih untuk semua yang terlibat dalam pelayanan kemarin terutama untuk semua yang berdoa untuk saya.

Pada pelayanan kemarin, saya diberi kesempatan untuk berbicara di satu acara mahasiswa dan kebaktian hari minggu. Buat beberapa orang, acara ini merupakan sebuah panggung untuk Tuhan bekerja lewat hidup saya. Di satu sisi memang benar, disisi lain saya tahu persiapan menuju acara ini begitu melelahkan dan intens terutama secara rohani. Menyadari bahwa saya sangat terbatas dalam segal hal, satu hal yang saya lakukan begitu intens adalah ‘mencari Tuhan’ termasuk pesan yang Tuhan ingin sampaikan kepada mereka yang begitu haus dan lapar akan kebenaran. Saya ingin supaya apa yang saya sampaikan bukanlah sekedar pengetahuan tetapi kebenaran. Saya berpuasa, saya memisahkan diri dari rombongan untuk berdiam diri di hotel dan membaca berulang-ulang Firman Tuhan, saya berdoa, saya menulis berkali-kali catatan saya bahkan ada waktu dimana saya tidak bisa tidur dengan nyenyak karena terus berpikir tentang apakah yang saya ingin sampaikan akan tepat untuk mereka yang mendengarkan. Saya terus mencari Tuhan. Saya mencari Tuhan dengan intens.

Setelah semuanya selesai, dan begitu banyak kesaksian tentang bagaimana mereka yang mendengar merasa sangat diberkati. Saya malah mulai kendur dalam mencari Tuhan. Ironi bukan. Ya memang begitulah keadaannya. Ayat diatas menjelaskan sebuah situasi yang sama yang juga terjadi dengan murid-murid Yesus. Mereka mencari Tuhan karena ada orang banyak yang bertanya kepada mereka tentang keberadaan Tuhan. Saya hanya berpikir, jika tidak ada orang-orang tersebut, akankah murid-muridNya tetap mencari Yesus? Seringkali dalam hidup, kita terjebak dalam mencari Tuhan karena keadaan, karena ada pelayanan, karena ada pertanyaan, karena ada tugas, karena ada masalah, karena ada ini dan karena ada itu. Ketika semuanya ‘baik-baik’ kita memang mencari Tuhan, tetapi tidak se-bergairah ketika keadaan-keadaan yang sulit atau penuh tantangan.

Kita semua tentu ingat betul akan ayat dibawah ini..

Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. (Mat 6:33 TB, penekanan oleh saya)

Proses pencarian kita akan kebenaran haruslah menjadi prioritas kita. Dunia pelayanan memang mengasyikan dan membuat kita berada di panggung terdepan. Akan tetapi, Tuhan tidak pernah tertarik dengan itu. Lebih dari hati melayani pekerjaanNya, Ia menginginkan hati yang mengingini pribadiNya. Semua pekerjaan Tuhan itu tergantung Tuhan, siapapun bisa Ia pilih dan Ia mampukan untuk menyelesaikannya, karena pekerjaan Tuhan yang sesungguhnya adalah membentuk hati kita.

Coba ambil waktu sejenak dan bertanya, Kapan terakhir kali kita mencari Tuhan?

Dari meja kamar,

BinsarGideon

Advertisements

About Gideon Sitorus

Love Live Learn Blog
This entry was posted in Bergaul dengan Tuhan and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Mencari Tuhan

  1. Hi this is nice and good read. Haha sebenarnya aku mau minta ijin km untuk memakai sharing identitas diri yg km bagikan di campus mixer kemarin, untuk ak mau pakai untuk share di acara makrab. Tetapi setelah membaca blogmu, aku urungkan niatku 😊.. Thank you untuk sharingnya ini, suddenly revelation setelah membacanya 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s