Advokat

Advokat

Aku akan minta kepada Bapa dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, (Yoh 14:6 TB, penekanan oleh saya)

Sebagai negara yang berlandaskan hukum, seluruh warga negara Indonesia memiliki persamaan didepan hukum. Hukum diatas segala-segalanya, tidak ada satupun orang yang berdiri diatas hukum, sebaliknya kita wajib untuk taat terhadap hukum-hukum yang berlaku di Indonesia. Akan tetapi, mungkin hanya sedikit dari kita yang betul-betul mengerti tentang hukum. Untuk setiap keputusan yang kita ambil, terutama yang menyangkut kepentingan orang banyak, maka kita perlu ekstra hati-hati dan mengambil waktu untuk mempelajari apakah ada dasar hukum yang kuat untuk mengambil keputusan tersebut. Jangan sampai secara tidak sadar kita melanggar hukum yang ada. Tentu untuk setiap pelanggaran, baik kita sadari atau tidak, akan ada konsekuensi yang harus kita bayar. Atas dasar itulah, maka profesi advokat adalah sebuah profesi yang sangat mulia dan sangat dibutuhkan.

Disatu sisi seorang advokat dapat memberi nasihat sebelum sebuah keputusan yang lain, advokat juga membantu kita menghadapi setiap tuntutan-tuntutan yang diarahkan kepada kita, baik itu tuntutan palsu yang hanya ingin menjatuhkan kita maupun tuntutan yang terjadi akibat kesalahan kita sendiri. Setiap kali saya melihat pelanggaran/kasus hukum yang masuk kedalam media massa maka hal pertama yang biasa saya ingin tahu adalah siapa pengacara dari orang yang sedang menghadapi tuntutan. Semakin hebat seorang pengacara maka saya yakin pasti akan semakin besar bayarannya. Bukan karena mereka mata duitan, tetapi karena memang kemampuannya dan kejeliaanya dalam melihat setiap kemungkinan itu membutuhkan jam terbang yang tidak sedikit.

Tadi siang saya mengikuti sebuah kelas yang mengajarkan saya bahwa Roh Kudus itu dalam terjemahan Yunaninya disebut sebagai Parakletos yang salah satu artinya adalah advokat. Luar biasa bukan? kita memiliki pengacara diatas segala pengacara. Coba bayangkan jika anda menghadapi suatu kasus hukum, siapa pengacara yang anda inginkan untuk membela anda dalam mengahadapi setiap tuntutan? Roh Kudus jauh diatas pribadi tersebut (bahkan sebetulnya tidak dapat dibandingkan). Akan tetapi, sama seperti advokat yang dapat memberikan nasihat setiap kali kita meminta, Roh Kudus pun dapat memberi kita nasihat untuk setiap keputusan yang ingin kita ambil. Setiap keputusan yang kita ambil berdasarkan nasihat Roh Kudus pastilah menjadi keputusan terbaik yang pernah kita ambil karena Ia mampu melihat dari sudut yang tidak terlihat oleh kita. Roh Kudus juga pasti akan memberi sinyal-sinyal tanda bahaya jika kita sudah mulai keluar jalur secara sadar atau tidak. Lalu bagaimana jika kita sudah terlanjur berbuat salah? Bertanyalah kepada Roh Kudus untuk kita bisa keluar dari permasalahan kita. Kuncinya adalah, belajar untuk bertanya dan peka terhadap nasihat Roh Kudus.

Pertanyaannya berapa bayaran Roh Kudus? sangat mahal. Sangat teramat mahal, bahkan seluruh kekayaan dunia ini tidak bisa membayarNya. Akan tetapi, kita tidak perlu khawatir karena Yesus sudah bayar semuanya. Ia mati di kayu salib supaya kita menjadi ciptaan baru dan dapat menikmati hubungan dengan Roh Kudus. Bahkan sebelum kenaikanNya ke surga Ia menjanjikan bahwa Roh Kudus akan menjadi penolong kita yang menyertai kita selama-lamanya.

Saya berdoa untuk kita punya hubungan yang erat dengan Roh Kudus. Selalu dan selalu bertanya kepada Roh Kudus untuk setiap keputusan yang akan kita ambil. Ketika Roh Kudus memimpin kita kepada keputusan-keputusan yang kelihatannya tidak populer, jangan takut untuk terus melangkah karena Roh Kudus jugalah yang akan menyertai kita dalam menghadapi setiap tuntutan yang ada. Bersama Roh Kudus kita akan mampu melewati setiap tantangan ataupun pergumulan yang ada didalam hidup kita.

Selamat bertanya kepada Roh Kudus 🙂

Cheers,

BG

Advertisements

About Gideon Sitorus

Love Live Learn Blog
This entry was posted in Bergaul dengan Tuhan and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s