Pelihara

Ronaldo

Dan Malaikat TUHAN menampakkan diri kepada perempuan itu dan berfirman kepadanya, demikian: “Memang engkau mandul, tidak beranak, tetapi engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki. Oleh sebab itu, PELIHARALAH DIRIMU, jangan minum anggur atau minuman yang memabukkan dan jangan makan sesuatu yang haram. (Hakim-Hakim 13:3-4 TB)

Ayat diatas adalah sebuah perintah yang diberikan oleh Malaikat Tuhan kepada ibu dari Samson. Sebuah perintah untuk memelihara dirinya. Tuhan memberi janji kepada ibu Samson, tapi Tuhan mau dalam prosesnya, ia harus memelihara dirinya.

Allah memelihara diri kita adalah sebuah sisi. Kita memelihara diri kita, adalah sisi yang lain. Seringkali kita tidak memelihara diri kita dengan baik. Memelihara diri kita dari apa? Memelihara diri kita dari pengaruh dunia yang semakin hari semakin aneh. Paulus menulis kepada jemaat di Efesus sebuah perintah yang dia katakan dan tegaskan secara bersamaan.

Sebab itu kukatakan dan kutegaskan ini kepadamu di dalam Tuhan: Jangan hidup lagi sama seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah dengan pikirannya yang sia-sia dan pengertiannya yang gelap, jauh dari hidup persekutuan dengan Allah, karena kebodohan yang ada di dalam mereka dan karena kedegilan hati mereka……..Tetapi kamu bukan demikian. Kamu telah belajar mengenal Kristus. (Efesus 4:17-20 TB)

Paulus dengan jelas menulis bahwa kita ini berbeda. Kita berbeda dari dunia. Jangan hidup seperti dunia hidup. Semua itu berbalik kepada keputusan-keputusan di setiap saat dalam kehidupan kita. Ingat, keputusan setiap saat bukan keputusan satu kali. Saya tidak bilang apa yang dunia tawarkan itu tidak nikmat, tapi belajar untuk berkata tidak untuk setiap pengaruh dunia. Kita memang hidup di dunia tapi kita bukan hidup dari dunia. Kita hidup dari Firman Allah. Firman yang salah satunya memerintahkan kita untuk memelihara diri kita.

Buat pembaca yang suka sepakbola pasti mengenal nama Cristiano Ronaldo, sesosok penyerang yang saat ini di usianya yang sudah menginjak usia 32 tahun masih bertanding di level tertinggi (beberapa minggu lagi ia akan bertanding membela Real Madrid di final liga champions dan berpeluang menjadi tim pertama yang berhasil memepertahankan gelar liga champions di era modern). Semua orang tahu bagaimana disiplinnya Ronaldo dalam menjaga hidupnya sebagai atlet. Mundur ke belakang, jika anda seorang penyuka Manchester United, maka anda akan tahu bahwa Ronaldo adalah mantan pemain Manchester United dan ia datang ke Manchester United bersama dengan Nani dan Anderson. 3 orang ini berusia relatif sama dan datang ke klub sebesar Manchester United di usia yang muda. Mereka juga bahu-membahu membantu Manchester United meraih piala liga champions ketiganya pada tahun 2008. Pertanyannya dimana Nani dan Anderson sekarang? Beberapa mungkin tahu Nani bermain di Valencia, akan tetapi, saya yakin anda tidak akan tahu dimana Anderson bermain saat ini (kecuali anda mencari di wikipedia). Bagaimana mungkin pada usia emasnya, mereka memiliki nasib yang berbeda. Rumor mengatakan, Anderson memiliki masalah dalam menjaga nafsu makannya, berkali-kali ia memakan fast food di malam hari (sesuatu yang sangat terlarang untuk atlet). Sebagai hasilnya, Anderson bermasalah dengan berat badannya. Anderson gagal memelihara dirinya.

Cerita panjang barusan adalah gambaran betapa pentingnya memelihara diri sendiri. Mengapa kita perlu memelihara diri kita? Karena hidup kita bukan untuk kita sendiri, melainkan untuk melihat tujuan Tuhan yang besar untuk hidup kita digenapi. Disisi yang lain kita ini adalah ‘atlet-atlet’ rohani yang sedang bertanding. Kita bukan bertanding untuk mahkota yang fana melainkan mahkota yang kekal. Jika mereka saja yang bertanding untuk piala yang sifatnya sementara memelihara diri begitu rupa, apalagi kita yang bertanding untuk piala yang kekal.

Tuhan itu punya janji dalam hidupmu. Sama seperti Ibu Samson yang berubah dari wanita mandul menjadi wanita yang melahirkan anak yang membawa kelepasan bagi bangsa Israel, demikian juga Tuhan mau pakai hidupmu secara luar biasa dan mejadi berkat bagi orang-orang di sekitarmu. Please, pelihara dirimu.

Selamat memelihara diri sendiri.

Dari saint cinammon setiabudi,

BinsarGideon

 

Advertisements

About Gideon Sitorus

Love Live Learn Blog
This entry was posted in Bergaul dengan Tuhan and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s