Melihat

eyes

“Apa yang kaukehendaki supaya Aku perbuat bagimu?” Jawab orang itu: “Tuhan, supaya aku dapat melihat!” (Lukas 18:41 TB)

Mata adalah organ tubuh yang Tuhan ciptakan untuk bisa membantu kita melihat ke segala arah. Ketika apa yang tampak didepan kita terlihat membahayakan kita, maka otak kita akan memproses dengan cepat suatu tindakan untuk menghindari bahaya tersebut. Mata juga membantu kita untuk melihat bisa melihat sebuah tujuan. Kemampuan kita untuk melihat adalah langkah pertama dari setiap tujuan yang kita ingin tuju. Jika saya ingin menuju bandung, saya belum melihat bandung ketika saya membuka pagar untuk mengeluarkan mobil. Akan tetapi, mata hati saya bisa melihat bahwa bandung itu ada. Ke arah mana kita membawa hidup kita sebetulnya sangat bergantung dengan kemampuan kita untuk melihat.

Perjumpaan Yesus dengan orang buta yang dicatat pada Injil Lukas memberikan gambaran akan pentingnya dari kemampuan untuk melihat. Tuhan Yesus melemparkan pertanyaan klise yang sebetulnya tidak perlu ditanya. Akan tetapi, jawaban orang buta ini sangat luar biasa. Ia tidak meminta supaya ia sekedar sembuh, ia meminta kemampuan untuk ‘melihat’. Seringkali Tuhan mengijinkan kita untuk melewati masa-masa dimana secara jasmani kita tidak bisa melihat apa-apa. Semuanya begitu gelap, kosong, dan tanpa harapan. Ketika semuanya itu terjadi, menjeritlah kepada Tuhan. Menjerit bukan supaya keadaan berubah, menjerit supaya kita bisa melihat.

Ditengah kesedihan. Supaya aku bisa melihat kebaikanMu.

Ditengah kesusahan. Supaya aku bisa melihat jawabanMu

Ditengah kekecewaan. Supaya aku bisa melihat penghiburanMu

Ditengah kegagalan. Supaya aku bisa melihat keberhasilanMu

Ditengah kesepiaan. Supaya aku bisa melihat penyertaanMu

Apakah mata hatimu bisa melihat? Jika tidak, berdoalah bukan sekedar supaya kamu bisa sembuh tetapi supaya kamu bisa melihat.

Cheers,

BG

 

About Gideon Sitorus

Love Live Learn Blog
This entry was posted in Bergaul dengan Tuhan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

