Bukan Uang

Instagram-for-money

Jawab Filipus kepada-Nya: “Roti seharga dua ratus dinar tidak akan cukup untuk mereka ini, sekalipun masing-masing mendapat sepotong kecil saja.” (Yohanes 6:7 TB)

Beberapa hari yang lalu saya menghubungi nasabah saya untuk kepentingan pembayaran premi yang tertunggak. Setelah selesai dengan urusan pembayaran, saya melanjutkan percakapan dengan bertanya tentang keadaaanya. Tanpa disangka, pertanyaan ini berlanjut pada 20 menit yang penuh dengan air mata. Rumah tangganya sedang goncang dan disaat yang bersamaan ibunya sempat koma karena diabetes. Dia terus menerus mencurahkan isi hatinya dan keluhan-keluhannya terhadap ketidak-adilan hidup yang ia rasakan. Salah satu perkataannya yang menarikĀ  (dan saya sering mendengar perkataan ini di beberapa curhatan orang lain) adalah “saya mah kalau uang gak masalah, tapi,..bla bla-bla”.

Seberapa sering kita menghadapi masalah yang bahkan uang pun tidak bisa menyelesaikannya. Ayat diatas adalah penggalan dari cerita tentang bagaimana Filipus melihat kemustahilan dalam memberi makan ribuan orang. Masalah ini bukan salahnya, melainkan Tuhan yang sedang mengujinya. Filipus tahu persis masalah yang sedang ada didepannya. Masalah yang belum tentu bisa diselesaikan dengan uang, kalaupun ada uang, mereka harus mencari toko yang punya makanan siap saji untuk ribuan orang secara mendadak. Ibu saya punya usaha kecil dibidang makanan, untuk ratusan orang saja membutuhkan persiapan yang tidak sebentar apalagi memberi makan ribuan orang. Mendadak pula.

Uang adalah faktor penting dalam hidup kita, bahkan kitab Pengkhotbah menulis, uang itu diperlukan untuk hidup bahagia. Tetapi kita harus mengerti bahwa ada saat-saat tertentu dalam hidup kita dimana uang bukan menjadi solusi. Kalau uang adalah solusi, maka seharusnya orang terkaya didunia hidup tanpa masalah. Siapa yang berani menunjuk dirinya sebagai pribadi tanpa masalah?

Dalam setiap masalah, tantangan, persoalan berpalinglah kepada Tuhan karena uang bukan jalan keluar. Uang itu hanya kendaraan bukan tujuan. Jika kita berada pada satu kondisi dimana semuanya serba tertutup maka kita tahu kemana kita berpaling. Pintu untuk bertemu dengan Tuhan tidak pernah tertutup. PintuNya selalu terbuka.

Hidup itu bukan uang semata-mata.

Cheers,

BG

 

Advertisements

About Gideon Sitorus

Love Live Learn Blog
This entry was posted in Bergaul dengan Tuhan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s