Keluar atau Kedalam

work_2119390b

TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu. (Kejadian 2 : 15 TB)

Dalam siklus hari kalender seringkali hari senin adalah hari yang merupakan momok bagi kebanyakan orang. Setelah beristirahat dan kembali harus berhadapan dengan setumpuk aktifitas membuat hari senen seperti cawan yang berusaha untuk dihindari. Fakta ini diperburuk dengan fakta yang dikeluarkan oleh kantor statistik di Inggris yang menyebutkan bahwa tingkat bunuh diri tertinggi terjadi pada hari Senin, bahkan jurnal medis di Inggris mencatat bahwa hari Senin adalah hari dimana serangan jantung paling banyak terjadi.

Kita semua perlu mengerti bahwa bekerja bukanlah sebuah kutukan dari Allah. Alkitab tidak dimulai dengan penjelasan sifat Allah melainkan dimulai dengan pernyataan bahwa Allah bekerja menciptakan langit dan bumi. Allah kita adalah Allah yang bekerja. Bekerja adalah kehendak Allah dalam hidup kita. Sebelum manusia pertama jatuh didalam dosa, mereka diperintahkan Tuhan untuk bekerja merawat Taman Eden dan memberi nama binatang. Jika kita berpikir ini adalah pekerjaan mudah, kita salah besar. Saya punya teman yang memiliki taman kecil, dan dibutuhkan ketelatenan untuk merawat sebuah taman kecil, bayangkan usaha untuk merawat taman super besar yang dilewati empat sungai, sudah pasti bukan pekerjaan mudah. Sudah pasti.

Namun, ketika manusia jatuh kedalam dosa tiba-tiba terjadi pergeseran nilai dari bekerja. Kutukan Allah berbunyi seperti berikut:

maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari TANAH seumur hidupmu: … dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi TANAH, karena dari situlah engkau diambil;  (Kejadian 3 : 19 TB)

Jika dibandingkan ayat yang tertera diawal tulisan ini, maka sebenarnya manusia tetap harus bekerja. Dimana letak perbedaannya? Ayat diawal menyatakan bahwa manusia sebelum dosa melakukan pekerjaan dengan fokus keluar (taman yang Allah berikan), sementara manusia setelah dosa bekerja dengan fokus kepada dirinya sendiri (tanah darimana ia diambil). Dosa membuat kita berfokus hanya kepada diri sendiri.

Lalu, mengapa anda harus bekerja? karena anda harus berhasil. Kenapa anda harus berhasil? jawabannya ada dua. Pertama, karena ada banyak keinginan anda yang belum terpenuhi atau yang kedua adalah karena pekerjaan Tuhan didunia membutuhkan banyak sumberdaya. Satu fokus keluar (kehendak Allah) sementara yang satu kedalam (diri sendiri).

Saya rasa sumber dari stress akan pekerjaan adalah kesalahan dari letak fokus kita dalam bekerja. Kita bekerja dengan berfokus untuk memuaskan hasrat keinginan kita. Hari ini bawa kijang, besok saya harus bekerja lebih keras lagi untuk bawa mercedes. Tidak salah memang, tetapi kalau tidak hati-hati maka bisa berbahaya karena kita tidak pernah puas. Hari ini bawa mercedes, besok bawa helikopter, hari ini bawa helikopter besok bawa pesawat ulang alik. Terdengar gila tapi memang begitulah kenyataanya. Bagaimana dengan merubah fokus kita? Hari ini kita memberi makan 10 orang miskin, besok saya harus bekerja lebih keras lagi karena ada 100 orang miskin yang juga harus kita beri makan. Berhati-hatilah ketika kita berfokus hanya kepada diri kita sendiri, tanpa tahu bahwa rancangan awalnya adalah fokus akan apa yang Allah berikan kepada kita untuk kita rawat.

Mari semangat untuk setiap hari senin yang Allah berikan karena itulah saat dimana anda bisa bekerja untuk menggenapkan rencana Allah dalam hidup anda.

Cheers,

BG

Advertisements

About Gideon Sitorus

Love Live Learn Blog
This entry was posted in Bergaul dengan Tuhan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s