Investasi

143346-004-8DC96325

Berserulah Simson kepada TUHAN, katanya: “Ya Tuhan ALLAH, ingatlah kiranya kepadaku dan buatlah aku kuat, sekali ini saja, ya Allah, supaya dengan satu pembalasan juga kubalaskan kedua mataku itu kepada orang Filistin.” (Hakim-Hakim 16 :28)

Melihat kinerja tabungan investasi saya disalah satu bank ternama di Indonesia sungguh meyedihkan. Penurunannya cukup signifikan, saya sedang berada dizona “potential loss”. Pengertian sederhana dari Potential Loss adalah kerugian yang akan saya alami jika saya menarik investasi saya. Melihat situasi yang tidak menentu seperti ini, saya akan mempertimbangkan untuk menarik dana saya ketika nilai investasi saya sudah kembali balik modal. Prinsip investasi saya sederhana; saya tidak mau rugi.

Suka tidak suka, setuju atau tidak, Tuhan kita adalah seorang Investor. Waktu yang Dia berikan, nafas yang dia hembuskan, kesehatan, uang, keluarga, dan bahkan darahNya adalah investasiNya dalam hidup kita. Pertanyaan sederhananya adalah, kalau Tuhan melihat investasiNya dalam hidup kita, laporan apa yang Dia lihat? Apakah garis lurus datar, kurva menukik tajam, atau lompatan pelipatgandaan?

Tidak banyak tokoh Alkitab yang mendapat panggilan dan janji secara jelas sebelum dilahirkan ke dunia. Simson punya kehormatan untuk medapatkannya. Seperti yang kita tahu, hidup Simson bisa dibilang kacau balau, kalau dilihat dari sudut pandang investasi, grafiknya menanjak sebentar lalu menukik tajam.

Pada akhir hidupnya, ketika grafik investasi Tuhan dihidupnya sedang menukik tajam, Simson bertobat. Dengan penuh kerendahan hati ia berdoa meminta modal tambahan. Tuhan memberikannya sehingga grafik hidup Simson naik dengan tajam. Dengan kerendahan hatinya ia menghabiskan jauh lebih banyak musuh dibanding dengan kesombongan akan kekuatannya. Akan tetapi, Tuhan tetap Tuhan, Ia tahu persis langkah yang harus diambil demi kebaikan anakNya. Didalam kemahatahuannya Ia mencairkan investasiNya dalam hidup Simson. Simson dipanggil pulang. Seandainya Simson memilih mengelola dengan baik setiap investasi Tuhan dalam hidupnya, mungkin ia tidak harus pulang ketika hidupnya mulai kembali menanjak.

Jika Tuhan melihat invetasiNya dalam hidupmu, laporan apa yang Dia baca?

Cheers,

BG

About Gideon Sitorus

Love Live Learn Blog
This entry was posted in Bergaul dengan Tuhan and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Investasi

  1. Hendra Wijaya says:

    Bener bangeeet

    Sent from my iPhone

    >

Leave a Reply

