Tahun Kambing Kayu

Year-Of-The-Goat-2015-Hot-Colorful-Wallpaper

Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing (Matius 25 : 32 TB)

Dalam hitungan beberapa saat orang-orang tionghoa akan memasuki tahun baru. Saya ini asli pribumi tanpa sedikitpun campuran dari etnis lain, tetapi etnis tionghoa memiliki warna yang kuat dalam hidup saya karena saya tumbuh di sekolah dan kampus yang didominasi oleh etnis tionghoa. Ketika saya masih duduk di bangku sekolah dasar maka saya hanyalah satu dari 3 orang pribumi diantara 40 orang keturunan tionghoa di kelas saya. Waktu saya kecil ekonomi keluarga saya sangatlah susah, saya ingat saat-saat dimana saya begitu berharap bisa menjadi orang tionghoa karena teman-teman saya selalu berbicara mengenai jumlah angpao yang mereka dapatkan. Sebuah jumlah yang menurut saya sangat fantastis.

Tahun ini adalah tahun kambing kayu. Saya tidak mengerti apa yang menjadi dasar perputaran jenis hewan dan elemennya, tetapi sesungguhnya kambing dan kayu adalah 2 hal yang menarik untuk ditelaah. Kambing adalah hewan yang menarik dilihat dari sudut pandang alkitab karena hewan ini sering disebut bersamaan dengan domba tetapi memiliki sifat alami yang berbeda dengan domba. Kambing bukanlah hewan yang mau berkomunitas, cenderung suka untuk keluar dari kandang, dan suka menyesatkan domba. Disisi lain kayu adalah suatu elemen yang mudah terbakar.

Tahun ini adalah tahun dimana kita harus semakin waspada terhadap banyak pihak yang sepertinya bersama-sama dengan kita tetapi sebenarnya bukan dari kita. Hati-hati terhadap dengan kompromi yang coba iblis tawarkan dalam kehidupan kita karena kita adalah domba-domba Kristus bukan kambing-kambing Kristus. Ingat, pada akhirnya akan ada pemisahan antara kambing dan domba.

Satu hal lain yang harus kita waspadai adalah sifat mudah terbakar dari kayu. Banyak orang kristen yang bergeser dari tujuan Tuhan dalam hidupnya karena mereka sangat mudah untuk terbakar. Amarah yang menguasai tanpa bisa dikendalikan adalah contoh orang yang terbuat dari kayu, padahal disisi lain kita harusnya menjadi emas yang semakin murni ketika menghadapi api pembakaran.

Apakah hal ini sulit untuk dikerjakan? Jangan lupa, kita sedang berada didalam tahun anugrah yang kuat dari Tuhan. Mari percaya bahwa anugrah-Nya cukup untuk kita.

Gong Xi Fat Chai. Selamat Tahun Baru Imlek 2015.

Cheers,

 

BG

 

About Gideon Sitorus

Love Live Learn Blog
This entry was posted in Bergaul dengan Tuhan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

