Enos

Enos

Lahirlah seorang anak laki-laki bagi Set juga dan anak itu dinamainya Enos. Waktu itulah orang mulai memanggil nama TUHAN. (Kejadian 4 : 26 TB)

Ayat diatas adalah penggalan ayat yang saya kutip dari Kejadian 4. Sebuah pasal yang menjadi bahan bacaan Alkitab saya pada pagi ini. Ketika pembacaaan saya berhenti di ayat tersebut, hati saya langsung penasaran. Kita semua tahu bahwa Adam dan Hawa diusir dari taman eden ketika mereka berbuat dosa. Tujuan pengusiran Allah sangatlah baik, karena Ia tidak mau manusia makan buah dari pohon kehidupan yang berakibat manusia selamanya akan hidup dalam dosa. Anehnya, manusia tetap tidak mencari Tuhan.

Setelah Enos dilahirkan barulah ada kesadaran yang timbul dari manusia untuk mulai memanggil nama Tuhan. Nama Enos memiliki arti yang sangat menarik yaitu “rapuh, lemah, pasti mati, pelupa, tanpa harapan”. Bukankah itu semua adalah karakteristik manusia (termasuk dan terutama saya) dihadapan Allah ? Seringkali ketika kita berbuat dosa, kita menghindari Allah. Seiring berjalannya waktu, akan ada situasi dimana keadaan sepertinya tanpa harapan, pasti mati, rapuh, dan begitu lemah dalam hidup kita dan baru kita mulai memanggil nama Allah.

Kodrat kedangingan kita seringkali mengakibatkan kita jatuh kedalam dosa. Tetapi, kalau ada Roh Kudus dalam hidup kita pastilah Ia mengingatkan kita. Segeralah bertobat. Adam tidak segera bertobat dari dosanya dan sikap ini pun ditiru oleh keturunan-keturanannya, ia harus menunggu Enos sampai ia sadar bahwa manusia butuh Allah.

Allah tetaplah Allah, Ia tidak bisa memungkiri kesetiaan-Nya. Kapanpun kita kembali, Ia menerima dengan tangan terbuka. Tetapi, sesungguhnya sayang sekali jika kita ‘terpaksa’ kembali kepada Allah karena semuanya sudah habis. Kembalilah kepada Allah bukan karena ‘terpaksa’ melainkan karena kita tahu bahwa kita memang membutuhkan Allah.

Hari ini kalau Allah mengingatkan dosamu, segeralah bertobat.

Cheers,

BG

Advertisements

About Gideon Sitorus

Love Live Learn Blog
This entry was posted in Bergaul dengan Tuhan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s