PERBURUAN YANG MELELAHKAN

Kacang Merah

Pada suatu kali Yakub sedang memasak sesuatu, lalu datanglah Esau dengan LELAH dari padang. Kata Esau kepada Yakub: “Berikanlah kiranya aku menghirup sedikit dari yang merah-merah itu, karena aku LELAH.” Itulah sebabnya namanya disebutkan Edom. (Kejadian 25 : 29-30 TB)

Kutipan ayat diatas sangat “mengganggu” pikiran saya, bertahun-tahun saya berpegang pada satu fakta bahwa alasan Esau menjual hak kesulungannya adalah karena dia lapar. Namun, membaca kembali perikop mengenai hilangnya hak kesulungan Esau, memberi saya suatu pengertian yang baru akan kebenaran.

Hak kesulungan bukanlah berbicara mengenai kekayaan, kesuksesan, ataupun segala pencapaian dalam hidup. Ismail, Esau, dan masih banyak contoh alkitab lainnya mengajarkan bahwa mereka dapat menjadi begitu kaya dan hebat tanpa hak kesulungan. Hak kesulungan berbicara mengenai hak untuk menghindari tuntutan Iblis dalam hidup kita, karena kita sepenuhnya dibawah kendali Kristus, dan yang lebih penting daripada semuanya itu adalah hak untuk berada dalam garis keturunan akan kedatangan Kristus.

Kita semua yang bertobat dan percaya, memiliki hak kesulungan didalam Kristus dihadapan Allah, tetapi, sama seperti Esau kita pun bisa kehilangan hak kesulungan kita. Apa yang menyebabkan Esau kehilangan hak-nya ? Ia KELELAHAN sepulang dari berburu, Alkitab tidak mencatat dengan persis apakah Esau berhasil dalam perburuannya atau tidak, yang pasti ia LELAH.

Dalam hidup, seringkali kita berburu akan begitu banyak hal yang menurut kita akan memuaskan hasrat kita. Cinta, uang, gelar, popularitas, atau kekuasaan adalah objek perburuan umum dalam tahun-tahun pengembaraan kita didunia dan seringkali kita lelah dalam prosesnya. Objek buruan kita seringkali berlari lebih cepat dari kita, melompat lebih tinggi dari kita sehingga kita menjadi lelah dan Iblis muncul tepat disaat kita kelelahan dan menawar hak kesulungan kita untuk sebuah “kelegaan” yang sementara. Mem-fitnah orang, menipu nasabah, membunuh karakter pesaing, atau mungkin praktek okultisme adalah sup kacang merah yang begitu menggoda disaat kita begitu lelah.

Alkitab mencatat bahwa hanya dengan memburu Tuhan-lah orang akan mendapat kekuatan baru dan tidak menjadi lelah bahkan makin lama makin kuat. Sebaliknya, berhati-hatilah dengan pengejaran akan hal-hal duniawi karena bisa berujung akan hilangnya hak kesulungan yang Tuhan sudah berikan kepada setiap kita lewat darah-Nya di kayu salib.

Hari ini apa yang kamu buru ?

Cheers,

BG

Advertisements

About Gideon Sitorus

Love Live Learn Blog
This entry was posted in Bergaul dengan Tuhan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s