Harga sebuah ketetapan

Decree

Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu. (Mazmur 119 : 71 TB)

Dalam bukunya yang berjudul “THE LEGO PRINCIPLE” (saya anjurkan anda untuk membacanya) Joey Bonifacio menulis tentang apa yang menjadi perbedaan antara nilai dan prinsip dalam kehidupan kita. Prinsip adalah sesuatu yang mutlak, tidak mungkin tidak terjadi sedangkan nilai adalah cara-cara kita memandang hidup. Saya beri contoh, pada prinsipnya setiap orang sadar bahwa berolahraga secara teratur dan menjaga pola makan dengan baik dan benar pasti akan membuat kondisi tubuh yang lebih prima dibandingkan dengan gaya hidup yang sembarangan. Walaupun, semua orang tahu hal tadi adalah prinsip dasar, namun tidak semua memiliki nilai untuk melakukannya.

Dalam kehidupan rohani, saya belajar sebuah prinsip bahwa Tuhan itu memiliki kehendak, Tuhan memiliki selera, tetapi Tuhan juga punya ketetapan. Kehendak dan selera sama seperti kita sering kali bisa dinegosiasikan, tapi kalau sudah berbicara mengenai ketetapan jangan coba untuk membantah ataupun menawar. Alkitab mencatat bahwa penderitaan Yesus adalah ketetapan Tuhan, 430 tahun dijajah dan ditindas oleh bangsa Mesir adalah ketetapan Tuhan untuk bangsa Israel.

Lalu apakah kita menyembah Tuhan yang jahat ? sama sekali tidak, sebab memberi upah adalah salah satu atribut Tuhan dan Dia tidak memberikan upah yang setengah-setengah. Upah dari kematian Yesus adalah nama-Nya yang menjadi nama yang dimana semua lidah mengaku dan lutut bertelut bahwa Yesus adalah Tuhan, dan hanya lewat nama itu kita bisa beroleh keselamatan. Bangsa israel, meninggalkan mesir dengan begitu kaya, tidak ada bangsa didunia ini yang kaya ketika baru bebas dari penjajahan.

Dalam hidup ini pasti ada saat-saat yang tidak mudah untuk dilewati. Saat pipi dibanjiri air mata, saat hati terasa nyeri, saat dimana bahkan makan favorit kitapun tidak bisa menggugah selera makan dan biasanya itu adalah saat semua rencana kita bertabrakan dengan ketetapan Tuhan. Namun, saat itu adalah saat yang paling tepat untuk saya bisa belajar apa arti dari ketetapan Tuhan dalam hidup saya, apa arti dari kata “kedaulatan Tuhan” dalam hidup saya. Saya suka sekali cara Alkitab versi THE MESSAGE menuliskan ayat diatas.

My troubles turned out all for the best – they forced me to learn from your textbook. (Psalm 119 : 71 THE MSG)

Masalah-masalahku, pergumulan-pergumulanku, kesulitan-kesulitanku disiapkan untuk sesuatu yang terbaik – semuanya itu memaksaku untuk belajar dari kitabmu.

Mari jadi pribadi yang belajar arti ketetapan Tuhan.

Cheers,

 

BG

Advertisements

About Gideon Sitorus

Love Live Learn Blog
This entry was posted in Bergaul dengan Tuhan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s