Di Danau Galilea

Lake_Tiberias_(Sea_of_Galilee),_Northern_Israel

Tetapi orang muda itu berkata kepada mereka: “Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia. Tetapi sekarang pergilah, katakanlah kepada murid-murid-Nya dan kepada Petrus: Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia, seperti yang sudah dikatakan-Nya kepada kamu.” (Markus 16 :6-7 TB)

Hari ini kita semua merayakan paskah, hari yang kita tahu bahwa Tuhan Yesus telah meninggalkan kuburan dan bangkit mengalahkan maut. Untuk banyak orang termasuk saya, Yesus adalah segala-galanya. Dia adalah kebahagiaan saya, kepuasan saya,  berkat saya, penebus saya, teman saya, orang tua saya, Tuhan saya, raja saya, dan masih banyak hal lainnya yang tidak bisa saya tulis.

Seperti biasa, saya hadir di gerja dan merayakan salah satu hari dimana gereja mengalami kenaikan jumlah pengunjung. Namun yang berbeda dari hari ini adalah saya tidak bisa lama-lama di gereja, karena harus segera pulang untuk mempersiapkan diri menjadi usher pernikahan jemaat. Ketika saya sedang mandi, tiba-tiba Roh Kudus bertanya kepada saya:

“Kamu tahu gak banyak orang kristen mencari “Yesus” di kuburan ?”

Saya menjawab “Maksudnya apa ?”

Roh Kudus menjawab :

“Waktu Yesus mati, Ia adalah dosa itu sendiri oleh sebab Ia dikubur, nah banyak orang Kristen yang masih mencari kesenangan, kebahagiaan, berkat lewat dosa. Ia berpikir lewat pornografi hidupnya bisa dipuaskan, lewat kecurangan dalam berbisnis Ia bisa mendapat berkat. Yesus tidak mungkin kamu temukan dikuburan, temui Dia di danau galilea”

Saya pun mempelajari tentang danau galilea. Danau galilea adalah tempat dimana Yesus membuat mujizat ketika murid-murid tidak mendapat ikan disana setelah semalam-malaman memancing yang berarti Yesus ada didalam kekeringan keuanganmu. Disana juga terjadi badai yang tiba-tiba menghantam kapal dan membuat murid-murid hampir tenggalam, Yesuspun ada disaat ada masalah yang tiba-tiba membuat engkau merasa sepertinya ini adalah akhir hidupmu. Ditepi danau galilea juga adalah tempat dimana Yesus melipatgandakan persembahan 5 roti dan 2 ikan seorang anak untuk makan 5000 orang, Yesus ada dipersembahanmu.

Dalam bahasa ibrani aslinya kata galilea diartikan “harpa”. Sampai hari ini masih banyak orang Ibrani menyebutnya danau tersebut sebagai danau harpa dan memang kalau melihat dari atas bentuk danau galilea itu seperti harpa. Harpa itu selalu disimbolkan dengan penyembahan. Temui Yesus di penyembahanmu, penyembahan itu bukanlah sekedar lagu melainkan setiap hembusan nafas, setiap detak jantung, dan setiap derap langkamu.

Temui Dia di galilea.

Cheers,

BG

 

Advertisements

About Gideon Sitorus

Love Live Learn Blog
This entry was posted in Bergaul dengan Tuhan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s