Kasih itu sabar

daily-image-020413

 

Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. Kasih tidak berkesudahan;( 1 Korintus 13 : 4-8 TB)

Untuk ngetes apakah lo benar- benar mengasihi seseorang atau sesuatu, tes kasih lo dengan cara lewatin setiap definisi kasih yang ayat alkitab sebutin diatas, dan dari situ semuanya akan kelihatan. Kasih itu definisinya luas, bukan cuma perasaan berbunga-bunga sama lawan jenis (malah untuk yang satu ini kebanyakan bukan kasih itu sendiri). Kasih itu bisa saja kasih akan bos elo, kasih akan tetangga elo, kasih akan orang yang belom pernah lo kenal (lo bisa kan merasa kasihan sama pengemis yang lagi lewat).

Dari definisi kasih diatas, gw pengen bahas definisi yang pertama adalah yaitu kasih itu sabar. Lo sabar gak untuk mengetes perasaan kasih lo, atau lo cukup sabar gak untuk tetap mengasihi walaupun lo harus bayar harganya. Misal, lo disuruh bos lo bohong, atau disuruh mengerjakan sesuatu yang lo tau gak bener, disini kasih lo akan keliatan. Pertama apakah lo mengasihi Tuhan lebih daripada bos lo, dan kalo Bos lo gak suka sama lo karena kejujuran elo. Pertanyaanya, apakah lo tetap mengasihi bos elo, karena bos elo gak ngerti kenapa dia membenci lo, lagian Tuhan bilang : “Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian?” ( Matius 5 : 46 TB)

Salah satu yang unik menurut gw adalah, karakter kasih yang pertama kali Allah tunjukan adalah kasih itu sabar. Kenapa? Kalo mundur ke masa penciptaan, Allah begitu sabar menciptakan segala sesuatunya satu demi satu. Bayangin kalo lo adalah orang paling kaya dan berkuasa di muka bumi ini, suatu hari lo pergi ke salah satu rumah lo, dan lo liat rumah lo itu kosong melompong pasti dalam sekejap lo akan pastikan rumah itu menjadi seperti yang elo mau, lo akan beli apapun saat itu juga karena lo bisa. Allah bisa gak ciptain bumi komplit dengan isi2nya dalam sekejap? Bisa, bukan hanya bisa tapi gampang tapi lihat Dia begitu sabar, satu demi satu. Mengapa? Karena Allah gak bisa mengingkari diriNya yang adalah kasih itu sendiri.

Pada kisah perumpaan anak yang hilang, ayatnya mengatakan “Maka bangkitlah ia dan pergi kepada bapanya. Ketika ia masih jauh, Ayahnya telah melihatnya, lalu tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ayahnya itu berlari mendapatkan dia lalu merangkul dan mencium dia. “(Lukas 15 :20), jelas sekali bahwa ayahnya sudah melihat anaknya dari jauh. Pertanyaanya adalah, bagaimana mungkin ayahnya bisa melihat anaknya dari jauh terlebih dahulu, sedangkan anaknya tidak melihat ayahnya, padahal mungkin setelah bertahun-tahun berpisah anaknya sudah berubah menjadi lusuh sedangkan ayahnya tidak. Jawabannya sederhana, gw yakin hal pertama yang ayahnya lakukan setelah anaknya pergi adalah menunggu dengan sabar anak yang dikasihnya. Kasihnya tidak berkurang terhadap anaknya. Itulah gambaran sempurna dari kasih itu sabar.

 

Hari ini lo mau gak sabar terhadap orang lo kasihi ?

 

 

Cheers,

 

 

BG

Advertisements

About Gideon Sitorus

Love Live Learn Blog
This entry was posted in Bergaul dengan Tuhan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s