Surprise Kekasih

20130623-113402.jpg

Pernah ngalamin atau nonton atau ngeliat dimana ada sepasang kekasih yang lagi dimabuk asmara mencoba memberikan surprise?. Tindakan standardnya yang seorang bakal menutup mata yang seorang lain, lalu mulai menuntun dia ke suatu tempat yang penuh dengan kejutan, atau kalau tempatnya gak sempat disiapkan paling diberikan suatu barang. Setelah tiba atau barang sudah diberikan, barulah pasangan yang dikejutkan itu disuruh membuka penutup matanya. Apapun hadiahnya, tempatnya, atau kejutannya semuanya pasti spesial.

Pertanyaannya kenapa? Sederhana sekali jawabannya, karena yang bergerak itu perasaan cinta itu sendiri, bukan kita lagi. Rasa percaya akan pasangan kita yang begitu kuat akan mengabaikan kemungkinan bahwa sebenarnya bisa saja pasangan kita yang masih manusia sama seperti kita itu, merancangkan sesuatu yang kita mungkin kita tidak suka atau tidak nyaman.

Tau gak, bahwa Tuhan sering kali beroperasi dengan cara seperti ini. Sering banget Tuhan nyuruh kita berjalan dengan mata tertutup untuk kita mencapai surpriseNya? Lalu pertanyaannya Mengapa? Karena, Tuhan pengen banget kita bisa ngerasain momen dimana kita bergerak dengan cinta kita terhadap Dia, karena kalo kita udah tau surprisenya apa, kemungkinan besar yang memotivasi kita bergerak bukan lagi Tuhan tapi hadiahNya. Gawat gak?

Tuhan bilang “Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya Tuhan itu! Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya! ” (Mazmur 34:9 TB). Firman ini dimulai dari kata kecaplah baru melihat, seumpama kita makan di suatu restoran, sebelum makanan sampe kita menutup mata, lalu pada saat makanan sampai kita mulai makan dengan mata tertutup, setelah itu baru kita membuka mata dan mulai sadar, “oh ternyata kelezatan tadi berasal dari ini dan ini toh”.

Sering banget kita begitu mata kita ditutup, kita langsung marah-marah sama Tuhan, dan mulai menyalahkan Tuhan atas keadaan yang begitu ‘gelap’. Terkadang kita memaksa Tuhan untuk surprise yang kita inginkan seolah-olah Tuhan gak mengerti kita. Bayangkan, kalau elo ud kerja keras untuk nyiapin surprise buat pasangan elo, dan tiba-tiba pasangan elo tanpa tau apapun udah marah-marah, dan gak mau surprise elo, sedih gak?

Mari lihat kisah pertobatan Paulus, setelah Tuhan menutup mata Saulus, Tuhan memerintahkan muridNya yang bernama Ananias untuk mendatangi Saulus, lihat respon awal Ananias “Jawab Ananias: “Tuhan, dari banyak orang telah kudengar tentang orang itu, betapa banyaknya kejahatan yang dilakukannya terhadap orang-orang kudus-Mu di Yerusalem. Dan ia datang ke mari dengan kuasa penuh dari imam-imam kepala untuk menangkap semua orang yang memanggil nama-Mu.” (Kisah Para Rasul 9:13, 14 TB). Buat kita manusia yang penuh kelemahan ini, adalah sulit untuk mengendalikan diri kita sendiri untuk langsung taat, tapi latih dirimu untuk tetap melangkah. Untung ananias taat, dan kita semua tahu bahwa Rasul Paulus adalah salah satu aktor besar di perjanjian baru dan nama Ananias tidak pernah hilang dari setiap cerita Paulus.

Tetapi seperti ada tertulis: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” (1 Korintus 2:9 TB)

Kalau hari ini, Tuhan tawarin lo surprise. Lo mau gak ?

Cheers,

BG

Advertisements

About Gideon Sitorus

Love Live Learn Blog
This entry was posted in Bergaul dengan Tuhan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s